RUANG
LINGKUP FILSAFAT ILMU
Objek filsafat ilmu
o
Objek material, yaitu objek yang
dijdikan sasaran penyelidikan oleh suatu ilmu atau objek yang dipelajari oleh
suatu ilmu.
o
Objek formal, sudut pandang darimana
sang subjek menelaah objek materialnya.
Manfaat filsafat
o
Pengujian nalar ilmiah
o
Merefleksikan, menguji, mengkritik
asumsi dan metode keilmuan
Rasionalisme
o
Sumber pengetahuan yang mencukupi dan
dapat di percaya adalah rasio
o
Rene Descartes, B,Spionaza, Leibniz
o
3 ide dalam diri manusia meenurut Rene :
1. Innate
ideas (bawaan sejak lahir
2. Adventitious
(dari luar diri manusia)
3. Factitious
ideas (dihasilkan oleh pikiran)
Empirisme
o
pengalaman aatau empiris merupakan
sumber pengetahuan
o
akal mengolah bahan yang diperoleh dari
pengalaman
o
John Locke, David Hume, William James
o
David Hume : ide-ide dapat dikembangkan
pada sensasi (rangsang indra)
Kritisisme
o
Peranan akal tampak dalam pengetahuan
apriori
o
Peranan pengalaman tampak dalam
pengetahuan aposteriori
o
Immanuel Kant
o
3 macam pengetahuan
1. Pengetahuan
analitis
2. Pengetahuan
sintetis
3. Pengetahuan
sintetis apriori
Masalah ilmu pengetahuan
Definisi ilmu pengetahuan
Asal
kata : Science (b.inggris), Scientia/ Scire (b.latin) yang berarti mempelajari,
mengetahui
The
Liang Gie : ilmu adalah rangkaian aktivitas penelaah yang mencari penjelasan
suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia
dalam berbagai segi dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan
berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia.
Bahm
: ilmu pengetahuan melibatkan 6 macam komponen yaitu : Masalah (problem), Sikap
(attitude), Metode (method), aktivitas (activity), kesimpulan (conclution) dan
pengaruh (effect)
Ilmu pengetahuan berdasarkan kurun
waktu
o
Ilmu pengetahuan konvensional,
mengedepankan mitos daripada logika
o
Ilmu pengetahuan modern, mengutamakan
rasio, akal sehingga segala sesuatu harus bersifat rasional. Mengedepankan
logika daripada mitos.
Perkembangan pengetahuan modern
Konsep
atau teori Pengetahuan modern berkembang berabad-abad, sejak manusia mempelajari
alam semesta. Thales sebagai Bapak ilmu pengetahuan, Aristoteles, Scorattes
sampai ke generasi Newton.
Berdasarkan
pemikiran manusia pengetahuan terus berkembang hingga melahirkan teori-teori
dan wujud untuk kepentingan umat manusia.
Aristoteles berpendapat, berdasarkan pengamatan
bebnda-benda hidup itu mungkin dapat timbul dari benda tak hidup. Contoh cacing
berasal dari lumpur, ulat berasal dari daging yang membusuk dan lain lain.
Ilmu pengetahuan abad ke 13
TOKOH : NIKOLAS KOPERNIKUS, berkebangsaan Polandia
yang mencetuskan revolusi dunia ilmu.
Teorinya menyatakan bahwa
matahari merupakan pusat tata surya yang diedari oleh bumi serta planet
lainnya.
ilmu pengeatahuan abab ke 16
TOKOH : SIR ISAAC NEWTON, berkebangsaan Inggris
yang mencetuskan hukum gravitasi bumi,pencipta teleskop cermin.
Teorinya sangat mempengaruhi
alam pikiran abad-18.
Perkembangan ilmu
pengetahuan abad 18, 19 melahirkan ilmu ilmu yang
sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia.
Thomas Alpha Edison, dengan
lampu listriknya dan Albert Enstain
dengan teori atomnya.
Puncak pengetahuan di abad 20
o
Para
ilmuwan memanfatkan materi dan energi. Materi merupakan benda sedangkan energi
yang memiliki kekuatan.
o
Materi
merupakan benda-benda hasil olahan
o
Dalam
kehidupan modrn penggunaan energi semakin meluas.
0 komentar:
Posting Komentar