Rabu, 14 Desember 2016

ruang lingkup filsafat ilmu

RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
Objek filsafat ilmu
o   Objek material, yaitu objek yang dijdikan sasaran penyelidikan oleh suatu ilmu atau objek yang dipelajari oleh suatu ilmu.
o   Objek formal, sudut pandang darimana sang subjek menelaah objek materialnya.
Manfaat filsafat
o   Pengujian nalar ilmiah
o   Merefleksikan, menguji, mengkritik asumsi dan metode keilmuan
Rasionalisme
o   Sumber pengetahuan yang mencukupi dan dapat di percaya adalah rasio
o   Rene Descartes, B,Spionaza, Leibniz
o   3 ide dalam diri manusia meenurut Rene :
1.      Innate ideas (bawaan sejak lahir
2.      Adventitious (dari luar diri manusia)
3.      Factitious ideas (dihasilkan oleh pikiran)
Empirisme
o   pengalaman aatau empiris merupakan sumber pengetahuan
o   akal mengolah bahan yang diperoleh dari pengalaman
o   John Locke, David Hume, William James
o   David Hume : ide-ide dapat dikembangkan pada sensasi (rangsang indra)
Kritisisme
o   Peranan akal tampak dalam pengetahuan apriori
o   Peranan pengalaman tampak dalam pengetahuan aposteriori
o   Immanuel Kant
o   3 macam pengetahuan
1.      Pengetahuan analitis
2.      Pengetahuan sintetis
3.      Pengetahuan sintetis apriori


Masalah ilmu pengetahuan


Definisi ilmu pengetahuan
Asal kata : Science (b.inggris), Scientia/ Scire (b.latin) yang berarti mempelajari, mengetahui
The Liang Gie : ilmu adalah rangkaian aktivitas penelaah yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia dalam berbagai segi dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia.
Bahm : ilmu pengetahuan melibatkan 6 macam komponen yaitu : Masalah (problem), Sikap (attitude), Metode (method), aktivitas (activity), kesimpulan (conclution) dan pengaruh (effect)



Ilmu pengetahuan berdasarkan kurun waktu
o   Ilmu pengetahuan konvensional, mengedepankan mitos daripada logika
o   Ilmu pengetahuan modern, mengutamakan rasio, akal sehingga segala sesuatu harus bersifat rasional. Mengedepankan logika daripada mitos.
Perkembangan pengetahuan modern
Konsep atau teori Pengetahuan modern berkembang berabad-abad, sejak manusia mempelajari alam semesta. Thales sebagai Bapak ilmu pengetahuan, Aristoteles, Scorattes sampai ke generasi Newton.
Berdasarkan pemikiran manusia pengetahuan terus berkembang hingga melahirkan teori-teori dan wujud untuk kepentingan umat manusia.
Aristoteles berpendapat, berdasarkan pengamatan bebnda-benda hidup itu mungkin dapat timbul dari benda tak hidup. Contoh cacing berasal dari lumpur, ulat berasal dari daging yang membusuk dan lain lain.
Ilmu pengetahuan abad ke 13
TOKOH : NIKOLAS KOPERNIKUS, berkebangsaan Polandia  yang mencetuskan revolusi dunia ilmu. Teorinya menyatakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya yang diedari oleh bumi serta planet lainnya.
ilmu pengeatahuan abab ke 16
TOKOH : SIR ISAAC NEWTON, berkebangsaan Inggris  yang mencetuskan hukum gravitasi bumi,pencipta teleskop cermin. Teorinya sangat mempengaruhi alam pikiran abad-18.
 Perkembangan ilmu pengetahuan abad 18, 19 melahirkan ilmu ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Thomas Alpha Edison, dengan lampu listriknya dan Albert Enstain  dengan teori atomnya.
Puncak pengetahuan di abad 20
o   Para ilmuwan memanfatkan materi dan energi. Materi merupakan benda sedangkan energi yang memiliki kekuatan.
o   Materi merupakan benda-benda hasil olahan
o   Dalam kehidupan modrn penggunaan energi semakin meluas.
o   Energi berwujud dalam berbagai bentuk; cahaya, kimia, panas, gerak, nuklir dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar